10 Cara Ampuh Menghemat Baterai Android

10 Cara Ampuh Menghemat Baterai Android

Cara Ampuh Menghemat Baterai Android
Cara Ampuh Menghemat Baterai Android

Kita bertemu kembali di Komunitas Gadget. Kali ini kami akan membahas bagaimana cara menghemat baterai android anda.

Banyak keluhan dari beberapa user android mengenai borosnya baterai yang menggunakan OS ini. Sebenarnya hal itu sangat wajar dikarenakan android banyak menggunakan fitur fitur yang sangat menguras baterai. Apa sajakah fitur itu dan bagaimana caranya kita mengatasi masalah baterai yang boros? Berikut akan kami ulas selengkapnya.

Gunakan WiFi

Kenapa harus WiFi? Karena sinyal wifi terbilang stabil daripada kita menggunakan koneksi mobile data. Walau tidak semua tempat tercover WiFi namun tidak ada salahnya anda terhubung ke WiFi di saat anda bertemu hotspot WiFi. Atau jika anda punya dana berlebih, anda bisa membeli modem WiFi yang banyak dijual di gerai gerai handphone.

Matikan Koneksi GPS

Mungkin bagi beberapa orang, GPS sangatlah penting, seperti jika anda bergelut sebagai driver online yang setiap detik harus menghidupkan koneksi GPS untuk menentukan posisi dimana kita berada. Namun bagi kalian yang tidak membutuhkan GPS, ada baiknya kalian mematikan koneksi GPS agar lebih menghemat baterai android anda. GPS membuat boros baterai android anda karena setiap anda berpindah lokasi, GPS juga akan melakukan perubahan lokasi. Tentu saja GPS memerlukan koneksi data dalam melakukan perkerjaan ini, dan seperti yang anda ketahui bahwa koneksi data cukup menguras baterai.

Setting ke mode Mute atau Sound

Banyak sekali saya lihat para pengguna android mengaktifkan mode Vibrate/Getar karena mereka ingin membuat silent gadget mereka. Namun ternyata getaran yang dihasilkan oleh gadget disetiap anda mendapatkan notifikasi malah membuat boros pemakaian baterai gadget anda. Sebaiknya anda menggunakan mode sound atau mute di saat anda menginginkan ketenangan dari gadget yang anda miliki.

Matikan Bluetooth

Bluetooth merupakan salah satu sarana penghubung yang cukup penting di android anda, seperti menghubungkan android anda ke bluetooth handset, smartwatch, bluetooth speaker dan lain lain. Namun ternyata bluetooth ini juga dapat membuat boros penggunaan baterai anrdoid anda. Salah satu test yang saya lakukan adalah dengan menghubungkan android saya dengan smartwatch yang saya pakai,dan ke esokan harinya saya tidak menghubungkan smartwatch saya. Hasilnya ternyata saya dapat menghemat baterai android hampir sekitar 25%.

Gunakan Provider yang Stabil di Daerah Anda

Seperti kita ketahui juga, jaringan merupakan salah satu masalah yang dapat mengakibatkan baterai cepat habis. Hal ini dikarenakan hardware pencari sinyal terus mencari sinyal terbaik disaat anda berada di tempat yang jauh dari BTS setempat. Dan hal ini juga dapat membuat android anda menjadi cepat panas dan lebih boros baterai. Solusinya adalah anda cukup menggunakan provider terbaik di tempat anda. Mungkin saya tidak dapat menyebutkan provider terbaik sekarang karena setelah saya melakukan uji coba memakai hampir semua provider GSM di Indonesia, dan semuanya cukup mengecewakan karena provider tersebut hanya bagus di beberapa lokasi, hal ini mungkin karena jangkauan cover provider yang belum merata di berbagai lokasi.

Info Android :
Aplikasi Penghasil Pulsa Gratis Cashtree
Cara Mengatasi Hang di Android

Gunakan Baterai Double Power dengan Brand Terbaik

Gerai gerai handphone saat ini sudah banyak menjual baterai dengan kekuatan double power. Sering saya jumpai baterai baterai ini di jual di handphone shop street area. Dengan kapasitas 2x lipat dari baterai aslinya, tentu waktu pemakaian gadget anda juga semakin panjang. Namun berhati hatilah dalam membeli baterai ini, karena banyak juga para penjual penjual nakal yang menjual baterai double power seri Kw yang tentunya akan kurang aman bagi android anda.


Kurangi Bermain Game Online

Sudah pasti semua pengguna android akan menginstal game di dalam smartphonenya. Karena sewaktu waktu pasti anda akan merasa bosan dan ingin bermain game dengan mudah di android anda. Ternyata game juga menjadi salah satu faktor terjadinya pemborosan baterai android anda. Solusinya adalah, kurangi bermain game di android anda dan apabila anda ingin bermain, game offline lebih sedikit menguras pemakaian baterai daripada anda bermain game online.

Game Terpopuler :
Ragnarok Online Mobile Guardian of Eternal Love
LoongCraft Online
Immortal Saga Online

Jangan Terlalu Sering Membuka dan Mengunci Gadget

Salah satu hal yang sering kita lakukan adalah membuka lalu mengunci gagdet. Dan hal ini sering sekali kita lakukan bahkan hampir setiap menit kita lakukan hal ini. Dan ternyata semua itu cukup menguras baterai android anda. Hal ini dikarenakan aktifitas layar yang terlalu fluktuatif, dan seperti anda ketahui bahwa layar juga sangat menguras penggunaan baterai.

Beli Gadget dengan kualitas IPS Display atau Super Amoled

Pasti nama nama di atas sudah sering anda dengar. Dengan kualitas display yang disebutkan di atas, mereka mengklaim bahwa display mereka dapat menghemat baterai daripada anda memakai android dengan kualitas TFT Display. Disamping itu warna yang dihasilkan display ini membuat layar gadget anda lebih natural dan lebih berwarna.

Gunakan Fitur Power Saving Bawaan

Hampir semua gadget keluaran terbaru telah menggunakan fitur Power Saving, walau memang tidak terlalu signifikan namun pemakaian fitur ini cukup berguna untuk menghemat baterai android anda.

Demikian ulasan mengenai cara menghemat baterai android anda. Jika ada saran lainnya, bisa anda tambahkan di kolom komentar. Terus nantikan info seputar gadget dan android game terpopuler terbaru dari kami, terima kasih atas kunjungannya. Salam Komunitas Gagdet.
POST A COMMENT
3 Comments

wah makasih infonya sangat berguna jadi ngerti

Sama sama gan, mudah mudahan berguna untuk user android lainnya juga.

kayaknya yang gunakan dobel power ga bisa masuk menghemat baterai, karena kata menghemat baterai diasusikan batreai bawaan

[blogger][disqus=bloggerku][facebook]